Penerimaan Anggota Baru

Watala merupakan lembaga independen non partisan dan nirlaba yang berasaskan pancasila dan UUD 1945 dengan berpedoman pada prinsip-prinsip kekeluargaan dan kebersamaan, Transparansi dan akuntabilitas, keadilan dan demokratis. Berbagai program yang dilakukan Watala diantaranya adalah Pendampingan masyarakat, Pemetaan partisipatif, advokasi terhadap isu lingkungan hidup, Studi dan kajian-kajian kebijakan, Program cinta alam serta pendidikan lingkungan.

Sistim keanggotaan yang mengikat seumur hidup (membership organization). Sumber daya anggota Watala hingga saat ini mencapai 311 orang. Penerimaan anggota dilakukan melalui metode pendidikan latihan dasar kepecinta alaman dan lingkungan, metode ini nantinya akan sangat berguna ketika mereka menjalankan program program watala .
Kaderisasi keanggotaan Watala merupakan mandat yang tertuang didalam AD/ART Watala.Penerimaan Anggota Baru (PAB) yang bertujuan mencari calon-calon anggota baru Watala yang memiliki dedikasi, loyalitas, serta semangat kekeluargaan, selain itu dapat mengembangkan pengembangan program pemberdayaan masyarakat, advokasi lingkungan, studi, perencanaan dan penelitian, kebijakan pengelolaan sumberdaya alam, dan menyalurkan minat di bidang kegiatan alam terbuka (mountenering, climbing, ekspedisi, navigasi)