WATALA PERINGATI HARI JADI KE-37 TAHUN

Tanggal 15 Oktober 2015, Watala tepat berusia 37 tahun. Usia yang dalam perjalanannya telah melewati berbagai macam rintangan dan tantangan merupakan perjalanan yang panjang dan patut mendapatkan apresiasi. Kini Watala telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu lembaga terbesar di Lampung yang konsen terhadap persoalan lingkungan.

Untuk merayakan eksistensinya, sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME dan sebagai ungkapan terima kasih kepada para pendiri, anggota dan para mitra atas kerja keras dan kerja sama yang baik dalam membangun dan membesarkan Watala, tanggal 31 Oktober 2015 perayaan Ulang Tahun Watala ke-37 dilaksanakan dengan tema “Dengan peringatan MILAD WATALA yang ke-37 marilah kita meningkatkan kepedulian sesama anggota, sesama pencinta alam, lingkungan hidup dan alam sekitarnya untuk kehidupan yang lebih baik” di Sekretariat Watala yang beralamat di Jl. Teuku Umar No.58/64 Penengahan Bandar Lampung.

Momentum peringatan hari jadi Watala yang ke-37 tahun ini diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi bagi seluruh anggota yang saat ini telah mencapai 321 orang terdiri dari 311 orang anggota biasa, 6 orang anggota luar biasa dan 4 orang anggota kehormatan.

Acara dihadiri oleh anggota dan mitra baik dari kalangan NGO/LSM maupun penggiat alam lainnya. Acara diawali dengan acara pembukaan yang diisi dengan menyanyikan himne WATALA dan penyampaian sambutan oleh Dewan Pengurus, Mainici. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota dan tamu undangan yang berkenan hadir memeriahkan acara dan ucapan permohonan maaf barangkali dalam penyambutan banyak kekurangan, WATALA tetap mengharapkan saran, masukan serta do’a untuk kemajuan WATALA kedepan.

Setelah acara pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan mengadakan acara “syukuran” yang diikuti oleh seluruh anggota beserta tamu-tamu undangan yang ditandai dengan kegiatan pemotongan tumpeng dan kue tart oleh badan pengurus dan perwakilan anggota, doa dan harapan dipanjatkan oleh seluruh yang hadir dalam acara ini. Acara dilanjutkan dengan mendengarkan sedikit tentang kilas balik Watala yang disampaikan oleh salah satu anggota Watala sekaligus sebagai Dewan Pengurus Watala, Joko SS Hartono yang menyampaikan tentang sejarah berdirinya Watala yang masih terus eksis hingga di usia ke-37 tahun. Beliau berharap pertemuan ramai seperti ini juga bisa dilakukan diinternal Watala terutama dalam hal rapat-rapat atau musyawarah kerja sehingga hasil yang diputuskan secara bersama-sama dan melibatkan banyak anggota dapat dijalankan dengan baik.

Beliau juga menyampaikan bahwa kita sebagai penggiat lingkungan harus lebih peka terhadap persoalan-persoalan lingkungan yang terjadi terutama disekitar kita. Seperti telah kita ketahui bersama bahwa dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, pelibatan masyarakat, swasta, pemerintah, NGO Lingkungan serta kaum muda baik Mahasiswa maupun pelajar menjadi aspek yang penting.

“Persoalan lingkungan tidak dapat dilihat sebagai suatu yang berdiri sendiri, namun sangat terkait oleh perilaku manusia, kita tidak bisa pungkiri bahwa bencana kebakaran hutan yang mengakibatkan kabut asap terjadi belakangan ini di beberapa provinsi di Indonesia yang sangat meresahkan ada campur tangan ulah manusia di dalamnya, untuk itu perlu adanya pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pemeliharaan dan pelestarian lingkungan, tentu sejak dini memerlukan keterlibatan pelajar/generasi muda yang diharapkan dapat meningkatkan fungsi Lingkungan hidup yang lebih baik serta mampu  mengurangi dampak kerusakan lingkungan. Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak baik pemerintah, perguruan tinggi, NGO/LSM maupun masyarakat luas yang selama ini telah melakukan berbagai kegiatan mendukung perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup baik secara langsung maupun tidak langsung”, Tambahnya.

Peringatan Hari Ulang tahun WATALA ke-37 kemudian ditutup dengan acara makan-makan yang dimeriahkan dengan pagelaran musik. Semoga kegiatan ini menjadi moment dalam meningkatkan semangat kebersamaan sebagai satu keluarga dan tetap eksis pada kegiatan lingkungan dan kecinta alaman. Selamat ulang tahun Watala, semoga terus menjadi lembaga yang solid, sukses dan eksis sebagai Lembaga lingkungan berkelas dunia di Indonesia. Terima kasih kakak-kakak yang telah turut berpartisipasi dalam acara ini. /Yus