Archive for October 2011

Rawa pacing

LINGKUNGAN HIDUP : LSM Tolak Alih Fungsi Rawa Pacing

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Aktivis lingkungan dari berbagai lembaga swadaya masyarakat menolak rencana alih fungsi Rawa Pacing, Tulangbawang, menjadi perkebunan kelapa sawit.

Penolakan yang disampaikan dalam bentuk pernyataan sikap bersama itu ditandatangani perwakilan dari Walhi, Watala, Mitra Bentala, Kawan Tani, Aliansi untuk Reforma Agraria (Agra), Lampung Ikhlas, AJI Bandar Lampung, Jaringan Kerakyatan Lampung, WWF, Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi (Himbio) Unila, dan penggiat lingkungan Anshori Djausal. Penandatangan pernyataan penolakan tersebut dilakukan dalam pertemuan di Sekretariat Walhi, akhir pekan lalu.

Direktur Walhi Lampung Hendrawan mengatakan Baca Selengkapnya... »

Habitat Satwa Rawa Pacing

Kerusakan Rawa Pacing Ganggu Spesies Dilindungi

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kondisi Rawa Pacing di Kecamatan Menggala, Tulangbawang, rusak. Beberapa burung langka dan dilindungi menghilang dari rawa itu. Bahkan, ada rencana untuk mengubah rawa menjadi perkebunan kelapa sawit. Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Lampung mencoba menggali kondisi kerusakan dan langkah penyelamatan Rawa Pacing dalam diskusi yang akan digelar, Jumat (21-10). Diskusi bertema Kondisi Rawa Pacing yang akan dikonservasi menjadi lahan perkebunan sawit seluas 600 ha ini akan digelar di Kantor Walhi.

Direktur Walhi Hendrawan, Kamis (20-10), mengatakan kondisi Rawa Pacing sudah berubah. Satwa yang sebelumnya tinggal di rawa pergi akibat kerusakan habitat dan pembakaran hutan. Selain kerusakan habitat, kata dia, Rawa Pacing yang sebagaian berstatus tanah marga sudah diperjualbelikan oknum kepada pengusaha. “Yang disayangkan Baca Selengkapnya... »