Archive for July 2011

Memperingati Hari Lingkungan Hidup

Lomba Mewarnai di Plaza Lotus Hari Ini

Bandar Lampung, Tribun – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Keluarga Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup (Watala) menggelar pameran lukisan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di pelataran Plaza lotus, Sabtu (4/6).

Selain Pameran Lukisan, Watala bersama Unit Pelaksanan Tekhnis Mahasiswa (UPTM) Soil Science  Expedition Team (SET) Universitas Lampung (Unila) juga mengadakan bazar. Pengisi bazar dari LSM – LSM di Lampung yang bergerak di lingkungan serta unsur pemerintah daerah, yaitu Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Untuk menarik minat pengunjung, Watala dan SET Unila menggelar atraksi ular dari komunitas Atrox. “Semuanya ini merupakan rangkaian acara memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni (Minggu hari ini). Tujuannya untuk mengampanyekan sumber daya hutan dan mendorong generasi muda peduli lingkungan,”ujar Direktur Eksekutif Watala Suhendri.

Hari ini juga, pihaknya menggelar lomba mewarnai tingkat TK dan umum. “Biaya pendaftaran Rp 25 ribu, peserta dapat crayon, snack, dan sertifikat, serta hadiah uang tunai untuk pemenang I, II, dan III,“ katanya.

Untuk selanjutnya Watala berencana mengadakan pendidikan lingkungan dan kecintaalaman di Yout Camp, Hanura, Pesawaran, 1-3 Juli mendatang. Target peserta ialah siswa-siswi SMU dan organisasi pecinta alam di Lampung. Kontribusi Rp 150 ribu per tim yang terdiri dari tiga orang.

Pelatihan ini bertujuan menyiapkan relawan untuk penangulangan bencana alam di Bandar Lampung. “Setelah ikut pendidikan, harapannya mereka (peserta siap sedia membantu (penangulangan bencana alam),”jelas Suhendri. “Karena, cuaca saat ini tak mementu. Kadang pagi terang, siang atau sore hujan. Begitu sebaliknya.

Beberapa acara dalam pendidikan selama tiga hari itu salah satunya outbond. “Lebih having fun, tidak seperti diksar (pendidikan dasar). Kami akan mengemas sedemikian rupa supaya menyenangkan, tapi tetap mendidik,” ujarnya. (lea)

 

Sumber Berita (Tribun Lampung, 5 Juni 2011)