Archive for January 2010

Keluarkan Izin Hkm Harus Selektif

PULAUPANGGUNG (Lampost): Komisi B DPRD Tanggamus meminta Dinas Kehutanan dan Perkebunan selektif dalam mengeluarkan izin pengelolaan hutan kepada para kelompok tani yang mengajukan proposal pengelolaan Hkm (hutan kemasyarakatan).
Terutama, dengan memperhatikan keberadaan petani yang tinggal di sekitar kawasan hutan dan selama ini mengelola hutan. “Ini juga untuk menghindari konflik di masyarakat yang berniat melakukan pengelolaan hutan,” ujar Ketua Komisi B DPRD Tanggamus Ibnu Nizar, usai kegiatan sosialisasi Hkm di Pasar Air Bakoman Kecamatan, Pulaupanggung, Kabupaten Tanggamus, Kamis (21-1).
Selain itu, aturan dalam pengelolaan Hkm harus ditegakkan. “Jangan sampai dengan melegalkan kawasan hutan dikelola masyarakat, hutan semakin rusak,” kata dia didampingi sejumlah rekannya, Ponidi, Mastuah, Taufik Ismail, Sunu Jatmiko, dan Sunarmi. Baca Selengkapnya... »

REHABILITASI HUTAN: Dinas Diminta Serius Lakukan Penghijauan

GISTING (Lampost): Karena kesal rehabilitasi hutan Gunung Tanggamus yang tidak berjalan, Kepala Pekon Sidokaton, Kecamatan Gisting, Suyud, menantang dinas terkait untuk serius melakukan penghijauan di kawasan tersebut.

“Kami berharap Dinas Perkebuanan dan Kehutanan segera melakukan tindakan tegas untuk menghijaukan kawasan Gunung Tanggamus,” kata Suyud dalam pertemuan antara Dinas Kehutanan dan Perkebunan Tanggamus, Komisi B, aparat pekon, dan sejumlah petani penggarap kawasan hutan di Balai Pekon Gisting Atas, Selasa (19-1)

Suyud mengungkapkan rasa risinya dengan hutan Gunung Tanggamus yang seolah dibiarkan gundul dan terus dijarah dan ditanami berbagai komoditas sayuran. Tentu saja, kata dia, hal ini akan mengakibatkan rusaknya ekosistem hutan, hilangnya sumber resapan air, dan dapat menyebabkan lahirnya bencana alam. Seperti banjir bandang dan tanah longsor yang pernah terjadi di Kecamatan Semaka. Baca Selengkapnya... »