Archive for November 2008

Dishut Hentikan Pengajuan Izin ke Menhut

LIWA (Lampost): Dinas Kehutanan (Dishut) Lampung Barat untuk sementara menghentikan proses pengajuan izin ke Menteri Kehutanan (Menhut) terkait rencana relokasi 164 kepala keluarga (KK) di Dusun Pengekahan, Pekon Way Haru, Bengkunat Belimbing, ke Pekon Sumberejo.

Proses pengajuan izin tukar guling lahan yang akan digunakan sebagai lokasi rencana relokasi warga Pengekahan ke Menhut itu dihentikan karena warganya sendiri yang telah menolak. Di mana, warga meminta agar relokasi tersebut diurungkan dengan alasan warga tidak siap meninggalkan hak-hak kehidupan di Dusun Pengekahan.

“Pada prinsipnya, kami sebagai pemerintah daerah sudah mengajukan usulan atau lobi-lobi ke pemerintah pusat tentang rencana relokasi warga Pengekahan itu. Rencana relokasi tersebut awalnya adalah atas usulan dari masyarakat itu sendiri,” kata Kadis Kehutanan Lambar Warsito, Rabu (12-11).

Kemudian, kata dia, usulan itu selanjutnya disampaikan ke Menhut maupun ke Menteri Transmigrasi (Mentrans). Tetapi, belakangan masyarakat menolak rencana relokasi tersebut. “Untuk itu, proses pengajuan dihentikan dulu,” kata Warsito.