PELUANG MENJADI VOLUNTEER WATALA

Untuk teman-teman, ada yang tertarik menjadi penggiat lingkungan, kami mencari VOLUNTEER (sukarelawan) untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan program Watala. Baca Selengkapnya... »

HALAL BI HALAL WATALA, MEMBUKA KENANGAN LAMA

Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1436 H, Keluarga Besar Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup WATALA menyelenggarakan kegiatan Halal bi Halal yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 01 Agustus 2015 di Sekretariat Watala, Jl. Teuku Umar No.58/64 Penengahan Bandar Lampung. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk  mempererat tali silaturahmi dan saling memaafkan di hari yang suci. Baca Selengkapnya... »

Lowongan Pendamping Lapang Watala

Saat ini Watala MEMBUTUHKAN beberapa orang PENDAMPING LAPANG yang akan ditempatkan di lokasi program Watala untuk bekerja penuh waktu dengan spesifikasi  : Baca Selengkapnya... »

Watala Training Centre (WTC)

 

Salam Lestari,

Kabar gembira bagi anda yang akan menambah ilmu pengetahuan (mengadakan pelatihan), kini hadir di Bandar Lampung lembaga pelatihan: “WATALA TRAINING CENTRE (WTC)” yang murah dan berkualitas.

WATALA TRAINING CENTRE (WTC) adalah unit kerja yang memberikan pelatihan dan konsultasi untuk menuju pengelolaan lingkungan hidup yang adil dan lestari. Baca Selengkapnya... »

Watala bersama pecinta alam di lampung gelar peringatan hari bumi tahun 2015 di Gunung Tanggamus

Dalam rangka merayakan Hari Bumi internasional yang jatuh pada tanggal 22 April, Watala friends for Nature and Environment sebuah perkumpulan yang konsen terhadap persoalan lingkungan hidup dan aktivitas kegiatan alam terbuka bekerjasama dengan Baca Selengkapnya... »

WATALA TURUT RAMAIKAN ULANG TAHUN TANGGAMUS TAHUN 2015

Dalam rangka turut berpartisipasi dalam perayaan hari ulang tahun Kabupaten Tanggamus, Watala turut berpartisipasi dengan mendirikan stan bekerjasama dengan Kec. Kota Agung Timur dan Bappeda Tanggamus. Perayaan HUT Tanggamus tahun ini dipusatkan di Kecamatan Pulau Panggung dan diisi dengan beberapa rangkaian acara diantaranya pagelaran musik dan pameran dari kecamatan – kecamatan serta Dinas – dinas yang ada di Kabupaten Tanggamus. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari sejak tanggal 25 sampai dengan 30 Maret 2015.

 

Dalam kesempatan tersebut, Watala menampilkan beberapa program PEKON yang saat ini sedang berjalan di Pekon Teba Kec.Kota Agung Timur melalui Baner – baner yang diletakan di Stan Milik Kecamatan Kota Agung Timur dan Bappeda. Program yang ditampilkan diantaranya Monografi singkat Pekon Teba meliputi luas wilayah, jumlah penduduk, dan potensi pertanian dan perkebunan Pekon Teba. Kegiatan pengelolaan Sarana Air Bersih (SAB) melalui pembentukan Kelompok Pengelola Sarana Air Bersih ( KPSAB ) Way Teba. Kegiatan peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat melalui kelompok PHBS Pekon Teba. Kegiatan peningkatan penyadartahuan kesehatan lingkungan di sekolah melalui kegiatan dukungan alat kebersihan di TK Al Birru dan SDN 1 Pekon Teba, dukungan pengadaan tempat cuci tangan, dan pembelajaran tentang ber PHBS di Sekolah.

 

Selain partisipasi dalam kegiatan pameran, Watala bekerjasama dengan Pecinta Alam Tanggamus melakukan kegiatan penanaman 350 pohon dengan jenis Pohon Medang, Sengon, Pule, dan Sirsak di Register 30 Gunung Tanggamus pada hari Minggu 29 Maret 2015. Kegiatan ini dihadiri sekitar 50 Pecinta Alam Tanggamus.

 

Sebagian wilayah landscape Gunung Tanggamus saat ini mengalami perubahan fungsi hutan menjadi areal perkebunan masyarakat sehingga merubah fungsi kawasan lindung sebagai pengatur tata air di wilayah tersebut. Dampak perubahan fungsi hutan tersebut telah menyebabkan meningkatnya degradasi lahan, meningkatnya luasan lahan kritis  dan mengurangi kemampuan fungsi lindung kawasan dalam sebagai penyangga kehidupan  masyarakat di Kabupaten Tanggamus.

 

Untuk itu Watala mengajak peran para generasi muda dan pencinta alam di Kabupaten Tanggamus untuk meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian Gunung Tanggamus dan bersama-sama melakukan aksi nyata untuk perbaikan fungsi lindung Gunung Tanggamus dengan melakukan penanaman sebagai upaya konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistem pada landscape Gunung Tanggamus, hal ini juga sebagai tindakan nyata Watala dalam turut serta mensukseskan program penghijauan dan pelestarian lingkungan hidup dari pemerintah sehingga memberi manfaat kepada lingkungan sekitarnya dan masyarakat luas.